Minggu, 06 Maret 2011

karya ilmiah

penulisan laporan Ilmiah

Jumat, 28 Agustus 2009
sistematika Penulisan Laporan
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata pengantar
Daftar isi
Abstrak
BAB I PENDAHULUAN
A. Analisis kondisi/situasi
B. Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan
BAB II PELAKSANAAN
A. Perencanaan
B. Pelaksanaan
C. Analisis Hasil dan Refleksi
BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
Diposkan oleh Kusnadi....... berjuang di 02:36 1 komentar
laparon PPL

LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

SEKOLAH DASAR NEGERI PURO PAKUALAMAN II

YOGYAKARTA

Oleh

Nama : kusnadi

Kata pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkat dan karunianya, sehingga laporan akhir dari PPL, di SD Puro Pakualaman II ini dapat terselesaikan .

Penyusunan laporan ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan program studi yang harus ditempuh oleh mahsiswa S1 PGSD fakkutas Ilmu Pendidikan Uniyersitas Negeri Yogyakarta.

Penulis menyadari bahwa kelancaran kegiatan PPL ini berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih pada:

1. Ibu Lilik Marmawati,S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Puro Pakualaman II.

2. Ibu Sukaswati,A.Ma Pd selaku Guru pembimbing PPL.

3. Bapak Mujimin,M.Pd selaku Dosen Pembimbing

4. Ibu Sarni,BA selaku Koordinator PPL-KKN

5. Bapak Ibu Guru dan Karyawan SD Puro Pakualaman II yang telah membantu pelaksanaan PPL.

6. Ibu,Bapak serta Adik-Adikku di Rumah atas semua dukungan moral dan doa serta kasih sayangnya.

7. Rekan-rekan satu kelompok yang telah bersama-sama melaksanakan PPL dengan Penuh semangat.

8. Dan semua dan semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan ini.

Laporan ini disusun berdasarkan hasil PLL dan didukung dengan teori yang telah diperoleh dibangku kuliah SI PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Harapan penulis, laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan semua pihak yang memerlukannya. Penulis menyadari laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun guna menyempurnakan laporan ini sangat penulis harapakan.

Yogyakrta .. September 2009

Penulis

Kusnadi

NIM. 06108249124

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGATAR

DAFTAR ISI

ABSTRAK

BAB I PENDAHULUAN

A. Analisis Situasi

B. Perumusan Program dan Rancangan kegiatan PPL

BAB II PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN HASIL ANALISIS

A. Perencanaan

B. Pelaksanaan

C. Hasil Analisis Pelaksanaan

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

ABSTRAK

Sesuai dengan judul laporan, bahwa laporan praktik pengalaman lapangan dilaksnakan di SD PA II yang beralamat dijaln harjowinantan NoBYogyakarta.

Program studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) guru kelas Fakultas Ilmu Pendidikan UNY merupakan program pengadaan guru sekolah dasar pra-jabatan. Lulusan Program studi S-1 PGSD guru kelas diharapkan memiliki standar kompetensi keguruan sebagaiamana ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Standar kompetensi tersebut meliputi; 1) penguasaan bidang studi, 2) pemahaman tentang peserta didik, 3) penguasaan pembelajaran yang mendidik, 4) pengembangan kepribadian dan keprofesionalan. Agar kompetensi keguruan tersebut dapat dimiliki lulusan prodi S-1 PGSD Guru Kelas secara memadai, maka diselenggaraaakan berbagai kegiatan yang memberikan “pengalaman belajar” secara teoritik dan praktek. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan yang memberikan pengalaman belajar secara praktik. Tujuannya adalah membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktik mengajar di sekolah dasar.

Mata kuliah Program pengalaman lapangan (PPL) dilaksanakan secara terpadu bersama mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada semester khusus tahun 2009 ini. KKN yang dilakukan dalam upaya proses pembangunan, khususnya bagi calon-calon pendidik, pada hakekatnya merupakan pelaksanaan dari falsafah pendidikan nasional dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi.PPL merupakan salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta.

PPLdilaksanakan dari tgl 1 juli 2009 samapai 12 september 2009, dengan terlebih dahulu diserahterimakan dari dosen pembimbing kepada kepala sekolah yang bersangkutan. Dalam kegiatan PPL ini penulis mengikuti berbagai kegaiatan yang berlangsung dan dilaksanakan di sekolah. Dalam kesempatan ini, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dibangku kuliah. Pada garis besarnya, PPL dilakukan dalam beberapa tahap yaitu persiapan, orientasi/pembekalan, membantu guru, praktek terbimbing, praktek mandirim dan juga mengikti berbagai kegiatan persekolahan seperti adminstrasi, perpustakaan, uks, dll.

Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini, yaitu agar mahasiswa mampu mengahayati, mempraktekan dan mengemabangkan kompetensi yang diperlukan abgi calon seorang guru SD ,serta mahasiswa memiliki kesadaran akan tanggung jawab sebagi pensdidik atau seorang guru..

BAB I

PENDAHULUAN

A. Analisis Situasi / Kondisi sekolah

SD N Puro Pakualaman II diresmikan pada 14 April 1944. Sekolah ini terletak di Jalan Harjawinatan No.15b, Yogyakarta. Letak sekolah ini cukup strategis karena berada tidak jauh dari jalan raya. Sekolah yang dibangun dalam wilayah Karaton Pakualaman ini, merupakan salah satu Sekolah yang ada di lingkungan Karaton Pakualaman. Awalnya, sekolah ini berkedudukan di sayap kanan keraton Pakualaman, namun kemudian pada tahun 1975 dipindahkan ke jalan Harjawinatan guna meningkatkan efektifitas penataaan

Di bawah ini beberapa data mengenai SD negeri Puro Pakualaman II

1. Nama SD : Sekolah Dasar Negeri Puro Pakualaman II

2. Alamat : Jl harjowinatan No15

3. Telepon : 0274-586912

4. Guru dan Karyawan SD

Guru dan Karyawan di SD Negeri Puro Pakualaman II adalah sebagai berikut

No


NAMA GURU


NIP


TUGAS

1.


Lilik Marmawati, S.Pd





Kepala Sekolah

2.


Sarni, BA






3.


Sukaswanti, A.Ma.Pd






4.


Drs. Mardjuki






5.


Tri Sumaryanto, S.Pd






6.


Iyos Romawati, A. Ma.Pd












































































Kondisi fisik SDN sekarang ini cukup baik dalam menunjang proses pembelajaran. Sekolah tersebut memiliki 4 ruang kelas, 1 ruang kepala sekolah, serta 1Mushola . Sedangkan ruang kantor guru berada dalam ruangan kelas yang pemisahannya dilakukan dengan penyekatan dengan menggunakan papan. Demikian halnya dengan perpustakaan yang terletak di dalam ruang kelas satu dan ruang komputer yang berada di kelas V.

B. Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan PPL

Perumusan Program dan Rancangan kegiatan PPL ini dimaksudkan untuk menjadikan kegiatan PPL lebih terarah dan terprogram dengan baik dan dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

Adapun beberapa tahap yang dilalui oleh seluruh mahasiswa untuk memperlancar pelaksnaan PPl meliputi:

1. Persiapan

Dalam mempersiakan kegiatan-kegaitan yang dilakukan oleh maha siswa meliputi 3 macam kegiatan:

a. Pengajaran Mikro, merupakan praktek mengajar dengan sejumlah siswa dengan waktu terbatas,

b. Koordinasi dengan sekolah yang berkenaan dengan tempat pelaksanaan PPL,

c. Pembekalan PPL, mahasiswa dibekali tentang berbagai pengetahuan keguruan,etika dan administrasi yang berkaitan dengan tugas yang berhubungan dengan PPL.

2. Observasi dan Orientasi

Observasi dan orientasi merupakan kegiatan awal yang harus dilakukan mahasiswa peserta PPL di tempat PPL. Observasi dan orientasi ini mencakup keseluruhan aspek, baik aspek fisik maupun non fisik. Observasi dan orientasi ini dilakukan baik secara langsung maupun secara tidak langsung yaitu melalui pengarahan dari pihak-pihak yang berkompeten dibidangnya. Observasi dan orientasi ini mengharapkan mahasiswa yang melakukan Praktek Pengalaman Lapangan dapat mengenal lingkungannya terlebih dahulu, karena sesuai dengan program mahasiswa bahwa mahasiswa akan berada dilokasi PPL selama 2,1/2 bulan, jadi dharap mahasiswa PPL menyesuaikan terlebih dahulu kondisi dan lembaga sekolah yang akan mereka gunakan sebagai tempat mempraktekan teori yang telah diperoleh di sekolah yang telah ditetapkan oleh pihak fakultas.

Adapun mahasiswa PPL UNY 2009 yang diterjunkan di SD N Puro Pakualaman 2 Yogyakarta adalah sebagai berikut:

1. Gerson Anderson (06108249135)

2. Khusnul Fajriyah (06108248338)

3. Elisa Cahyaningtyas (06108248159)

4. Munir (06108249125)

5. Sunetki (06108249127)

6. Hendrikus Hermanto (06108249126)

7. Kusnadi (06108249124)

8. Imran (06108249129)

9. Anita Wijayanti (06108248366)

10. Nanang Indra Cahya (06108248363)

3. Rancangan Kegiatan PPL

Kegiatan yang dilkukan selama PPL di SDN Puro Pakualaman 2 Yogyakarta meliputi :

a. Praktik Terbimbing

Praktik terbimbing dilakukan pada awal pelaksanaan PPL, setelah mahasiswa melakukan pengamatan dan penyusunan program, Guru dan dosen pembimbing memberikan bimbingan tahap demi tahap secara ketat, mulai dari proses penyusunan, persiapan sampai pelaksanaan praktik mengajar.

b. Praktik Mandiri

Praktik mandiri dilakukan setelah dirasa cukup dalam pelaksanaan praktik mengajar terbimbing maka mahasiswa diwajibkan untuk praktik mandiri. Guru pembimbing memberikan tugas kepada praktikkan serta pelaksanaannya juga diserahkan sepenuhnya kepada mahasiswa praktikkan.

c. Kegiatan Persekolah

Kegiatan persekolahan meliputi menajemen sekolah, media pembelajaran, pengelolaan administrasi sekolah, perpustakaan, pengelolaan koperasi sekolah dan kegiatan lainnya yang menunjang pengembangan kompetensi dan tugas-tugas seorang guru.

4. Penyusunan Laporan

Setelah melaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ), mahasiswa diwajibkan menyusun laporan yang berisi tentang kegiatan yang telah dilakukan selama PPL berlangsung.

BAB II

PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN

ANALISIS HASIL

A. Perencanaan

Perencanaan Program dalam malaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan untuk menentukan arah kegiatan yang akan dilakukan oleh setiap mahasiswa PPL sebelum melaksanakan Praktik supaya kegiatan dapat berjalan sesuai yang diharapakan. Adapun hal-hal yang perlu direncanakan oleh mahasiswa sebelum melaksanakan praktik adalah

a. Menyusun Jadwal mengajar

Jadwal mengajar diperlukan oleh mahasiswa PPL untuk mengefektifkan kegiatan mengajar yang akan dilakukan oleh setiap mahasiswa agar beban mengajar yang menjadi Program UPPL dapat terlaksana sepenuhnya

b. Menyusun Jadwal Kegiatan diluar jam Mengajar

Hal ini diperlukan mahasiswa agar setiap mahasiswa memiliki pengalaman yang banyak tentang kegiatan-kegiatan yang ada disekolah khususnya kegiatan guru diluar jam mengajar seperti; membantu administrasi kepala sekolah,administrasi guru dan administrasi siswa, penanganan bimbingan terhadap siswa dan lain sebagainya.

B. Pelaksanaan

1. Praktik Mengajar

1.1.Praktik mengajar pelaksanaannya dilakukan secara bergilir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan

1.2.Masing-masing praktikkan mengalami mengajar pada tiap kelas yang ada dengan materi yang berbeda-beda dan berkelanjutan dengan program pengajaran yang ada di sekolah tersebut yang sesuai GBPP.

1.3.Sesuai dengan jadwal ialah setiap mahasiswa harus sudah mengalami mengajar sebanyak 18 kali yang meliputi 12 kali praktik terbimbing dan 6 kali praktik mandiri dari kelas II-VI.

1.4.Praktik mengajar terdiri dari praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri.

a. Pratik Mengajar Terbimbing

Adalah latihan mengajar yang mengupayakan agar mahasiswa calon guru dapat menerapkan kemampuan mengajar secara utuh dan terintegrasi dengan bimbingan guru dan dosen pembimbing.

pelaksanaan praktik mengajar terbimbing di SDN Puro Pakualaman II dilaksanakan oleh 1 praktikkan dalam satu kelas dengan guru kelas sebagai pembimbing dan dosen pembimbing yang berkewajiban mengawasi pelaksanaan praktik mengajar yang dilakukan oleh setiap mahasiswa. Setelah proses mengajar selesai dilakukan oleh mahasiswa guru kelas/ guru pembimbing memberikan masukan kepada mahasiswa baik kekurangan yang perlu diperhatikan maupun kelebihan yang perlu dipertahankan. Dan jika mahasiswa menghadapi permasalahan dosen pembimbing wajib memberikan saran sebagai jalan pemecahan masalah.

b. Praktik Mengajar Mandiri

Adalah latihan mengajar yang dilakukan mahasiswa secara penuh selama mata pelajaran tertentu tampa bimbingan dari guru maupun dosen pembimbing, hal ini seolah-olah mahasiswa bertindak selaku guru kelas yang sebenarnya sehingga setiap permasalahan yang terdapat pada saat proses pemebelajaran sepenuhnya menjadi tanggung jawab praktikan.

c. Ujian Praktik Mengajar

Kegiatan praktik mengajar mahasiswa PPL di SD N Puro Pakualaman II Yogyakrta diakhiri dengan ujian praktik mengajar sesuai jadwal yang diberikan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta. Ujian praktik mengajar dilakukan untuk melihat atau mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengajar dan menetukan tingkat keberhasilan dari setiap mahasiswa dalam pelaksanaan Praktik pengalaman Lapangan khususnya dalam kemampuan mengajar.

Dalam menilai kemampuan mengajar mahasiswa aspek yang menjadi penilain Guru maupun Dosen Pembimbing meliputi aspek :

1. Persiapan Mengajar ( RPP)

2. Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM)

Pelaksanaan Ujian Praktik mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa berbeda-beda mulai dari hari, tanggal, maupun mata pelajaran. Dan penulis melaksanakan Ujian pada :

Hari/Tanggal :

Mata Pelajaran :

Kelas/Semester :

Alokasi Waktu :

Adapun metode mengajar yang diguanakan sangat bervariasi. Dari metode ceramah, Tanya-Jawab, Diskusi, Pemberian Tugas dan lain sebagainya. Sedangkan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan adalah:

1. Kegiatan Awal, yang meliputi; apersepsi, tes awal dan memotivasi siswa untuk siap belajar.

2. Kegiatan Inti, yang meliputi; menyampaikan materi pembelejaran, membimbing siswa dalam belajar, maupun mempasilitasi siswa dalam memcahkan setiap permasalahan yang ada.

3. Kegiatan Akhir, yang meliputi; menarik kesimpulan yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru, memberikan tugas lanjut dan lain-lain.

2. Praktek Persekolahan

Praktik Pesekolahan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa diluar jadwal jam mengajar yang telah ditentukan serta dilakukan secara fleksibel. Parktik persekolahan yang dilakukan mahasiswa sangan beragam yang meliputi; membantu administrasi kepala sekolah, administrasi Guru, pengelolaan perpustakaan, pengelolaan UKS, serta berbagai kegiatan yang dilakukan seorang guru. Praktik persekolahan bertujuan mengembangkan kemampuan setiap mahasiswa dalam berbagai kegiatan yang dilakukan guru maupun sekolah secara umum dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah tersebut.

Secara umum praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa :

a. Mengenal kegiatan-kegiatan persekolahan selain proses belajar menagajar yang ada di sekolah dasar.

b. Mempunyai kemampuan dan keterampilan melakukan berbagai kegiatan persekolahan.

Materi dan kegiatan yang menjadi bahan dalam praktik persekolahan :

a. Administrasi Sekolah kegiatannya meliputi; membantu tugas kepala sekoalah dalam hal administrasi sekolah.

b. Administrasi kelas yaitu membatu tugas-tugas guru yang kelas merupakan tugas dan tanggung jawab seorang guru.

c. Kegiatan diluar jam mengajar lainnya :

1. Pengelolaan perpustakaan

2. Pengelolaan UKS

3. Pengelolaan Koperasi

4. Partisipasi dalam upacara bendera setiap hari senin

5. Partisivasi dalam kegiatan keagamaan, perayaan 17 agustus 2009 di SD N Puro Pakualaman II.

6. Dan lain sebagainya.

C. Analisis Hasil Pelaksanaan

a. Pengalaman Belajar

Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan mahasiswa, banyak sekali pengalaman yang kami dapatkan selama kegiatan PPL berlangsung, mulai dari pengalaman mengajar, menangani masalah yang muncul pada saat proses pembelajaran, serta praktik perskolahan yang semuanya memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi setiap mahasiswa calon guru sekolah dasar. Adapun berbagai pengalaman yang kami dapatkan adalah sebagai berikut :

1. Pelaksanaan tahap penegnalan lapangan memberikan banyak pengetahuan dan pemahaman kepada setiap mahasiswa serta memberikan wawasan terhadap berbagai karakteristik komponen pendidikan, iklim, nilai, dan norma yang terdapat di sekolah Dasar.

2. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing telah banyak memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam kaitannya dengan tugas Guru sebagai pengajar. Pengalaman tersebut meliputi pengkajian GBPP dalam Kurikulum, pengembangan materi mengajar, penyusunan rencana persiapan mengajar, pelaksanaan kegiatan mengajar di kelas, serta pengalaman dalam memberikan bimbingan bagi siswa yang memerlukan bimbingan dan melakukan berbagai macam evaluasi.

3. Pelaksanaan latihan mengajar mandiri memberikan pengalaman tentang bagaimana melaksanakan tugas sebagai seorang guru di Sekolah Dasar khususnya guru kelas dalam mengajar dan mendidik siswa secara optimal dari awal hingga akhir pembelajaran. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk seolah-olah menjadi guru yang sebenarnya.

4. Dengan adanya praktik persekolahan mahasiswa dapat mengenal, memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang ada di Sekolah selain tugas guru sebagai guru.

b. Hanbatan yang dialami

Selain mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan selama Praktik pengalaman Lapangan ( PPL), penulis juga banyak menghadapi permasalahan anatara lain :

1. Dalam proses pembelajaran dikelas yaitu mengalami kesulitan dalam pengkondisian kelas, sehingga anak sulit diatur.

2. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mandiri penulis mengalami hambatan dalam hal pengkajian GBPP.

3. Dalam pelaksanaan praktik persekolahan, mahasiswa juga menghadapi masalah dalam mengerjakan sesuatu yang telah diperintahkan oleh guru, hal ini disebabkan minimnya pengalaman dari mahasiswa.

4. Kesulitan dalam hal pendanaan dan pengadaan media

c. Cara Mengatasi Permasalahan

Dalam usaha mengatasi hambatan yang terjadi selama kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah antara lain:

1. Menggunakan metode mengajar yang memusatkan siswa sebagai pembelajar, sehingga siswa dapat sepenuhnya belajar.

2. Dalam hal pengakajian GBPP penulis memcahakan masalah dengan cara bertanya kepada teman-teman yang dianggap lebih memahami.

3. Dalam hal pendanaan yaitu mahasiswa mengumupulkan iuran perbulan

4. Dalam hal media yaitu mengguanakan media lingkungan dan kreativitas dari mahasiswa sendiri.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan praktik mengajar yang telah dilakukan praktikkan dan juga data-data yang diperoleh dari Sekolah Dasar Negeri Puro Pakualaman II Yogyakarta. Maka dapat disimpulkan hal-hal yang didapat oleh mahasiswa setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) antara lain :

1. Praktik Pengalaman Lapangan, khususnya praktik mengajar banyak memberikan pengalaman yang sangat berharga dan bermanfaat bagi mahasiswa sebagai calon guru dimasa yang akan datang.

2. Penguasaan materi bagi seorang guru belum cukup untuk menentukan berhasil tidaknya dalam mengajar, tampa didukung dengan cara atau metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik.

3. Mahasiswa yang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan dituntut memiliki kompetensi yaitu : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial.

4. Semakin banyk praktikkan melakukan praktik yang berhadapan langsung dengan kegiatan dan tugas guru yang ada di sekolah, maka semakin banyak pengalaman yang didapat.

B. Saran

1. Pihak Universitas Negeri Yogyakarta

a. Pihak Universitas Negeri Yogyakarta dapat memberikan bekal yang cukup bagi mahasiswa calon Guru sebelum mahasiswa melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan. Disisi lain bimbingan dari pihak Universitas hendaknya dilakukan secara langsung sehingga dapat melakukan pengawasan secara langsung di Lapangan, sehingga mahasiswa mendapatkan masukan ( kritik dan saran) tidak hanya dari guru pembimbing saja tetapi juga dosen pembimbing.

b. Keberhasilan pelaksanaan PPL merupakan tanggung jawab bersama antara mahasiswa Praktikkan, Sekolah tempat PPL, maupun pihak Universitas dan pendukung lainnya. Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan kualitas PPL ini, kiranya perlu adanya kerjasama yang baik dan harmonis antara semua komponen yang terlibat didalamnya.

2. Pihak Sekolah

a. Dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas PPL, kiranya perlu adanya suatu rancangan/program untuk mengoptimalkan fungsi dan peran mahasiswa bagi pengembangan dan peningkatan pendidikan di sekolah yang bersangkutan, tampa mengesampingkan tujuan utama dari PPL tersebut.

b. Fasilitas yang ada disekolah misalnya; Perpustakaan, Ruang UKS, Laboratorium IPA, dan Media pembelajaran yang sudah ada hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh siswa dan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolah.

3. Mahasiswa

a. Perlu peningkatan penguasaan meteri dan keterampilan yang diperlukan dalam mengajar, sehingga dalam praktik mengajar dapat berjalan dengan baik.

b. Perlu latihan yang banyak dan terus-menerus mengasah keterampilan.

c. Menjaga nama almamater dan memiliki kepribadian yang baik dan luhur.

d. Bersikap disiplin dalam mengikuti semua rangakaian kegiatan PPL sampai selesai.

DAFTAR PUSTAKA

Buku panduan KKN-PP,2009. Universitas Negeri Yogyakarta

Proposal KKN-PPL,2009. kelompok 8 di SD N Puro Pakualaman II Yogyakarta

LAMPIARAN

1. LEMBAR OBSERVASI AWAL( KONDISI SEKOLAH)

2. LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN DI KELAS

3. Surat keputusan Kepala sekolah tentang pembagian tugas guru

4. Daftar guru dan karyawan

5. Format pembagian tugas guru

6. Rekapitulasi jumlah guru dan siswa

7. Struktur organisasi

8. Denah

9. Jadwal pelajaran ( terbimbing dan mandiri)

10. Catatan harian PPL

11. Laporan mingguan

12. rpp

Diposkan oleh Kusnadi....... berjuang di 02:05 0 komentar
Beranda
Langgan: Entri (Atom)
Mengenai Saya
Foto Saya

Kusnadi....... berjuang
orangnya simple gak ribet.. tpi saya suka komitmen

Lihat profil lengkapku
Pengikut
Arsip Blog

* ▼ 2009 (2)
o ▼ Agustus (2)
+ sistematika Penulisan Laporan
+ laparon PPL

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer