Minggu, 06 Maret 2011

gerhana bulan

banyumas 8 maret 2011


Gerhana
GERHANA
Bumi yang merupakan planet ketiga dari Matahari, berputar pada porosnya dalam jangka waktu 24 jam. Inilah yang menyebabkan adanya siang dan malam. Selain berputar pada porosnya bumi juga berputar mengelilingi matahari atau disebut juga evolusi. Jalur bumi untuk mengitari matahari disebut dengan "Orbit".
Untuk mengelilingi matahari, bumi memerlukan waktu selama 365 ¼ hari atau kira-kira 1 tahun. Demikian juga dengan bulan. Bulan berevolusi 27 ½ hari. Tetapi karena bumi juga berputar, membuat bulan memerlukan waktu lebih untuk kembali pada posisinya semula. Bulan merupakan tetangga terdekat Bumi dalam tata surya. Permukaannya bertabur batu dan terdiri dari hamparan titik-titik kawah yang tak terhitung jumlahnya. Terkadang selama dalam jalur orbitnya, bulan dan bumi menjadi satu garis atau sejajar. Ketika hal ini terjadi maka inilah yang disebut dengan Gerhana.

a. Gerhan Bulan
Gerhana Bulan terjadi apabila Bulan melintasi daerah bayangan Bumi. Bayangan Bumi terdiri dari Umbra dan Penumbra
Apabila Bulan hanya melintas pada Penumbra maka disebut Gerhana Bulan Penumbra. Jika sebagian Bulan melewati Umbra maka yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian. Gerhana Bulan Total terjadi bila seluruh bagian Bulan melewati Umbra.

b. Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadi apabila posisi bulan berada di antara matahari dan bumi. Sehingga bulan menghalangi cahaya Matahari yang jatuh ke Bumi.
Jarak Bumi menuju Matahari 400 kali jarak Bumi-Bulan, Garis tengah Matahari 400 kali garis tengah Bulan. Dengan demikian, apabila dilihat dari Bumi, ukuran kedua benda langit tersebut berukuran hampir sama sehingga piringan Matahari dapat benar-benar tertutup oleh Bulan dan langit menjadi benar-benar gelap. Peristiwa ini disebut Gerhana Matahari Total. Daerah di Bumi yang mengalami Gerhana Matahari Total adalah daerah bayangan Bulan yang disebut Umbra.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Entri Populer