Minggu, 06 Maret 2011

gerhana bulan

banyumas 8 maret 2011


Gerhana
GERHANA
Bumi yang merupakan planet ketiga dari Matahari, berputar pada porosnya dalam jangka waktu 24 jam. Inilah yang menyebabkan adanya siang dan malam. Selain berputar pada porosnya bumi juga berputar mengelilingi matahari atau disebut juga evolusi. Jalur bumi untuk mengitari matahari disebut dengan "Orbit".
Untuk mengelilingi matahari, bumi memerlukan waktu selama 365 ¼ hari atau kira-kira 1 tahun. Demikian juga dengan bulan. Bulan berevolusi 27 ½ hari. Tetapi karena bumi juga berputar, membuat bulan memerlukan waktu lebih untuk kembali pada posisinya semula. Bulan merupakan tetangga terdekat Bumi dalam tata surya. Permukaannya bertabur batu dan terdiri dari hamparan titik-titik kawah yang tak terhitung jumlahnya. Terkadang selama dalam jalur orbitnya, bulan dan bumi menjadi satu garis atau sejajar. Ketika hal ini terjadi maka inilah yang disebut dengan Gerhana.

a. Gerhan Bulan
Gerhana Bulan terjadi apabila Bulan melintasi daerah bayangan Bumi. Bayangan Bumi terdiri dari Umbra dan Penumbra
Apabila Bulan hanya melintas pada Penumbra maka disebut Gerhana Bulan Penumbra. Jika sebagian Bulan melewati Umbra maka yang terjadi adalah Gerhana Bulan Sebagian. Gerhana Bulan Total terjadi bila seluruh bagian Bulan melewati Umbra.

b. Gerhana Matahari
Gerhana matahari terjadi apabila posisi bulan berada di antara matahari dan bumi. Sehingga bulan menghalangi cahaya Matahari yang jatuh ke Bumi.
Jarak Bumi menuju Matahari 400 kali jarak Bumi-Bulan, Garis tengah Matahari 400 kali garis tengah Bulan. Dengan demikian, apabila dilihat dari Bumi, ukuran kedua benda langit tersebut berukuran hampir sama sehingga piringan Matahari dapat benar-benar tertutup oleh Bulan dan langit menjadi benar-benar gelap. Peristiwa ini disebut Gerhana Matahari Total. Daerah di Bumi yang mengalami Gerhana Matahari Total adalah daerah bayangan Bulan yang disebut Umbra.

karya ilmiah

penulisan laporan Ilmiah

Jumat, 28 Agustus 2009
sistematika Penulisan Laporan
Halaman Judul
Halaman Pengesahan
Kata pengantar
Daftar isi
Abstrak
BAB I PENDAHULUAN
A. Analisis kondisi/situasi
B. Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan
BAB II PELAKSANAAN
A. Perencanaan
B. Pelaksanaan
C. Analisis Hasil dan Refleksi
BAB III. PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
Diposkan oleh Kusnadi....... berjuang di 02:36 1 komentar
laparon PPL

LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

SEKOLAH DASAR NEGERI PURO PAKUALAMAN II

YOGYAKARTA

Oleh

Nama : kusnadi

Kata pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan berkat dan karunianya, sehingga laporan akhir dari PPL, di SD Puro Pakualaman II ini dapat terselesaikan .

Penyusunan laporan ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan program studi yang harus ditempuh oleh mahsiswa S1 PGSD fakkutas Ilmu Pendidikan Uniyersitas Negeri Yogyakarta.

Penulis menyadari bahwa kelancaran kegiatan PPL ini berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih pada:

1. Ibu Lilik Marmawati,S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Puro Pakualaman II.

2. Ibu Sukaswati,A.Ma Pd selaku Guru pembimbing PPL.

3. Bapak Mujimin,M.Pd selaku Dosen Pembimbing

4. Ibu Sarni,BA selaku Koordinator PPL-KKN

5. Bapak Ibu Guru dan Karyawan SD Puro Pakualaman II yang telah membantu pelaksanaan PPL.

6. Ibu,Bapak serta Adik-Adikku di Rumah atas semua dukungan moral dan doa serta kasih sayangnya.

7. Rekan-rekan satu kelompok yang telah bersama-sama melaksanakan PPL dengan Penuh semangat.

8. Dan semua dan semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan ini.

Laporan ini disusun berdasarkan hasil PLL dan didukung dengan teori yang telah diperoleh dibangku kuliah SI PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Harapan penulis, laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan semua pihak yang memerlukannya. Penulis menyadari laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun guna menyempurnakan laporan ini sangat penulis harapakan.

Yogyakrta .. September 2009

Penulis

Kusnadi

NIM. 06108249124

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

KATA PENGATAR

DAFTAR ISI

ABSTRAK

BAB I PENDAHULUAN

A. Analisis Situasi

B. Perumusan Program dan Rancangan kegiatan PPL

BAB II PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN HASIL ANALISIS

A. Perencanaan

B. Pelaksanaan

C. Hasil Analisis Pelaksanaan

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

ABSTRAK

Sesuai dengan judul laporan, bahwa laporan praktik pengalaman lapangan dilaksnakan di SD PA II yang beralamat dijaln harjowinantan NoBYogyakarta.

Program studi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) guru kelas Fakultas Ilmu Pendidikan UNY merupakan program pengadaan guru sekolah dasar pra-jabatan. Lulusan Program studi S-1 PGSD guru kelas diharapkan memiliki standar kompetensi keguruan sebagaiamana ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Standar kompetensi tersebut meliputi; 1) penguasaan bidang studi, 2) pemahaman tentang peserta didik, 3) penguasaan pembelajaran yang mendidik, 4) pengembangan kepribadian dan keprofesionalan. Agar kompetensi keguruan tersebut dapat dimiliki lulusan prodi S-1 PGSD Guru Kelas secara memadai, maka diselenggaraaakan berbagai kegiatan yang memberikan “pengalaman belajar” secara teoritik dan praktek. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu kegiatan yang memberikan pengalaman belajar secara praktik. Tujuannya adalah membentuk dan mengembangkan kompetensi dasar mengajar sebagai bekal praktik mengajar di sekolah dasar.

Mata kuliah Program pengalaman lapangan (PPL) dilaksanakan secara terpadu bersama mata kuliah Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada semester khusus tahun 2009 ini. KKN yang dilakukan dalam upaya proses pembangunan, khususnya bagi calon-calon pendidik, pada hakekatnya merupakan pelaksanaan dari falsafah pendidikan nasional dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi.PPL merupakan salah satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta.

PPLdilaksanakan dari tgl 1 juli 2009 samapai 12 september 2009, dengan terlebih dahulu diserahterimakan dari dosen pembimbing kepada kepala sekolah yang bersangkutan. Dalam kegiatan PPL ini penulis mengikuti berbagai kegaiatan yang berlangsung dan dilaksanakan di sekolah. Dalam kesempatan ini, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh dibangku kuliah. Pada garis besarnya, PPL dilakukan dalam beberapa tahap yaitu persiapan, orientasi/pembekalan, membantu guru, praktek terbimbing, praktek mandirim dan juga mengikti berbagai kegiatan persekolahan seperti adminstrasi, perpustakaan, uks, dll.

Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL ini, yaitu agar mahasiswa mampu mengahayati, mempraktekan dan mengemabangkan kompetensi yang diperlukan abgi calon seorang guru SD ,serta mahasiswa memiliki kesadaran akan tanggung jawab sebagi pensdidik atau seorang guru..

BAB I

PENDAHULUAN

A. Analisis Situasi / Kondisi sekolah

SD N Puro Pakualaman II diresmikan pada 14 April 1944. Sekolah ini terletak di Jalan Harjawinatan No.15b, Yogyakarta. Letak sekolah ini cukup strategis karena berada tidak jauh dari jalan raya. Sekolah yang dibangun dalam wilayah Karaton Pakualaman ini, merupakan salah satu Sekolah yang ada di lingkungan Karaton Pakualaman. Awalnya, sekolah ini berkedudukan di sayap kanan keraton Pakualaman, namun kemudian pada tahun 1975 dipindahkan ke jalan Harjawinatan guna meningkatkan efektifitas penataaan

Di bawah ini beberapa data mengenai SD negeri Puro Pakualaman II

1. Nama SD : Sekolah Dasar Negeri Puro Pakualaman II

2. Alamat : Jl harjowinatan No15

3. Telepon : 0274-586912

4. Guru dan Karyawan SD

Guru dan Karyawan di SD Negeri Puro Pakualaman II adalah sebagai berikut

No


NAMA GURU


NIP


TUGAS

1.


Lilik Marmawati, S.Pd





Kepala Sekolah

2.


Sarni, BA






3.


Sukaswanti, A.Ma.Pd






4.


Drs. Mardjuki






5.


Tri Sumaryanto, S.Pd






6.


Iyos Romawati, A. Ma.Pd












































































Kondisi fisik SDN sekarang ini cukup baik dalam menunjang proses pembelajaran. Sekolah tersebut memiliki 4 ruang kelas, 1 ruang kepala sekolah, serta 1Mushola . Sedangkan ruang kantor guru berada dalam ruangan kelas yang pemisahannya dilakukan dengan penyekatan dengan menggunakan papan. Demikian halnya dengan perpustakaan yang terletak di dalam ruang kelas satu dan ruang komputer yang berada di kelas V.

B. Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan PPL

Perumusan Program dan Rancangan kegiatan PPL ini dimaksudkan untuk menjadikan kegiatan PPL lebih terarah dan terprogram dengan baik dan dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan.

Adapun beberapa tahap yang dilalui oleh seluruh mahasiswa untuk memperlancar pelaksnaan PPl meliputi:

1. Persiapan

Dalam mempersiakan kegiatan-kegaitan yang dilakukan oleh maha siswa meliputi 3 macam kegiatan:

a. Pengajaran Mikro, merupakan praktek mengajar dengan sejumlah siswa dengan waktu terbatas,

b. Koordinasi dengan sekolah yang berkenaan dengan tempat pelaksanaan PPL,

c. Pembekalan PPL, mahasiswa dibekali tentang berbagai pengetahuan keguruan,etika dan administrasi yang berkaitan dengan tugas yang berhubungan dengan PPL.

2. Observasi dan Orientasi

Observasi dan orientasi merupakan kegiatan awal yang harus dilakukan mahasiswa peserta PPL di tempat PPL. Observasi dan orientasi ini mencakup keseluruhan aspek, baik aspek fisik maupun non fisik. Observasi dan orientasi ini dilakukan baik secara langsung maupun secara tidak langsung yaitu melalui pengarahan dari pihak-pihak yang berkompeten dibidangnya. Observasi dan orientasi ini mengharapkan mahasiswa yang melakukan Praktek Pengalaman Lapangan dapat mengenal lingkungannya terlebih dahulu, karena sesuai dengan program mahasiswa bahwa mahasiswa akan berada dilokasi PPL selama 2,1/2 bulan, jadi dharap mahasiswa PPL menyesuaikan terlebih dahulu kondisi dan lembaga sekolah yang akan mereka gunakan sebagai tempat mempraktekan teori yang telah diperoleh di sekolah yang telah ditetapkan oleh pihak fakultas.

Adapun mahasiswa PPL UNY 2009 yang diterjunkan di SD N Puro Pakualaman 2 Yogyakarta adalah sebagai berikut:

1. Gerson Anderson (06108249135)

2. Khusnul Fajriyah (06108248338)

3. Elisa Cahyaningtyas (06108248159)

4. Munir (06108249125)

5. Sunetki (06108249127)

6. Hendrikus Hermanto (06108249126)

7. Kusnadi (06108249124)

8. Imran (06108249129)

9. Anita Wijayanti (06108248366)

10. Nanang Indra Cahya (06108248363)

3. Rancangan Kegiatan PPL

Kegiatan yang dilkukan selama PPL di SDN Puro Pakualaman 2 Yogyakarta meliputi :

a. Praktik Terbimbing

Praktik terbimbing dilakukan pada awal pelaksanaan PPL, setelah mahasiswa melakukan pengamatan dan penyusunan program, Guru dan dosen pembimbing memberikan bimbingan tahap demi tahap secara ketat, mulai dari proses penyusunan, persiapan sampai pelaksanaan praktik mengajar.

b. Praktik Mandiri

Praktik mandiri dilakukan setelah dirasa cukup dalam pelaksanaan praktik mengajar terbimbing maka mahasiswa diwajibkan untuk praktik mandiri. Guru pembimbing memberikan tugas kepada praktikkan serta pelaksanaannya juga diserahkan sepenuhnya kepada mahasiswa praktikkan.

c. Kegiatan Persekolah

Kegiatan persekolahan meliputi menajemen sekolah, media pembelajaran, pengelolaan administrasi sekolah, perpustakaan, pengelolaan koperasi sekolah dan kegiatan lainnya yang menunjang pengembangan kompetensi dan tugas-tugas seorang guru.

4. Penyusunan Laporan

Setelah melaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ), mahasiswa diwajibkan menyusun laporan yang berisi tentang kegiatan yang telah dilakukan selama PPL berlangsung.

BAB II

PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN

ANALISIS HASIL

A. Perencanaan

Perencanaan Program dalam malaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan dilakukan untuk menentukan arah kegiatan yang akan dilakukan oleh setiap mahasiswa PPL sebelum melaksanakan Praktik supaya kegiatan dapat berjalan sesuai yang diharapakan. Adapun hal-hal yang perlu direncanakan oleh mahasiswa sebelum melaksanakan praktik adalah

a. Menyusun Jadwal mengajar

Jadwal mengajar diperlukan oleh mahasiswa PPL untuk mengefektifkan kegiatan mengajar yang akan dilakukan oleh setiap mahasiswa agar beban mengajar yang menjadi Program UPPL dapat terlaksana sepenuhnya

b. Menyusun Jadwal Kegiatan diluar jam Mengajar

Hal ini diperlukan mahasiswa agar setiap mahasiswa memiliki pengalaman yang banyak tentang kegiatan-kegiatan yang ada disekolah khususnya kegiatan guru diluar jam mengajar seperti; membantu administrasi kepala sekolah,administrasi guru dan administrasi siswa, penanganan bimbingan terhadap siswa dan lain sebagainya.

B. Pelaksanaan

1. Praktik Mengajar

1.1.Praktik mengajar pelaksanaannya dilakukan secara bergilir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan

1.2.Masing-masing praktikkan mengalami mengajar pada tiap kelas yang ada dengan materi yang berbeda-beda dan berkelanjutan dengan program pengajaran yang ada di sekolah tersebut yang sesuai GBPP.

1.3.Sesuai dengan jadwal ialah setiap mahasiswa harus sudah mengalami mengajar sebanyak 18 kali yang meliputi 12 kali praktik terbimbing dan 6 kali praktik mandiri dari kelas II-VI.

1.4.Praktik mengajar terdiri dari praktik mengajar terbimbing dan praktik mengajar mandiri.

a. Pratik Mengajar Terbimbing

Adalah latihan mengajar yang mengupayakan agar mahasiswa calon guru dapat menerapkan kemampuan mengajar secara utuh dan terintegrasi dengan bimbingan guru dan dosen pembimbing.

pelaksanaan praktik mengajar terbimbing di SDN Puro Pakualaman II dilaksanakan oleh 1 praktikkan dalam satu kelas dengan guru kelas sebagai pembimbing dan dosen pembimbing yang berkewajiban mengawasi pelaksanaan praktik mengajar yang dilakukan oleh setiap mahasiswa. Setelah proses mengajar selesai dilakukan oleh mahasiswa guru kelas/ guru pembimbing memberikan masukan kepada mahasiswa baik kekurangan yang perlu diperhatikan maupun kelebihan yang perlu dipertahankan. Dan jika mahasiswa menghadapi permasalahan dosen pembimbing wajib memberikan saran sebagai jalan pemecahan masalah.

b. Praktik Mengajar Mandiri

Adalah latihan mengajar yang dilakukan mahasiswa secara penuh selama mata pelajaran tertentu tampa bimbingan dari guru maupun dosen pembimbing, hal ini seolah-olah mahasiswa bertindak selaku guru kelas yang sebenarnya sehingga setiap permasalahan yang terdapat pada saat proses pemebelajaran sepenuhnya menjadi tanggung jawab praktikan.

c. Ujian Praktik Mengajar

Kegiatan praktik mengajar mahasiswa PPL di SD N Puro Pakualaman II Yogyakrta diakhiri dengan ujian praktik mengajar sesuai jadwal yang diberikan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta. Ujian praktik mengajar dilakukan untuk melihat atau mengukur kemampuan mahasiswa dalam mengajar dan menetukan tingkat keberhasilan dari setiap mahasiswa dalam pelaksanaan Praktik pengalaman Lapangan khususnya dalam kemampuan mengajar.

Dalam menilai kemampuan mengajar mahasiswa aspek yang menjadi penilain Guru maupun Dosen Pembimbing meliputi aspek :

1. Persiapan Mengajar ( RPP)

2. Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar (PBM)

Pelaksanaan Ujian Praktik mengajar yang dilaksanakan oleh mahasiswa berbeda-beda mulai dari hari, tanggal, maupun mata pelajaran. Dan penulis melaksanakan Ujian pada :

Hari/Tanggal :

Mata Pelajaran :

Kelas/Semester :

Alokasi Waktu :

Adapun metode mengajar yang diguanakan sangat bervariasi. Dari metode ceramah, Tanya-Jawab, Diskusi, Pemberian Tugas dan lain sebagainya. Sedangkan langkah-langkah pembelajaran yang digunakan adalah:

1. Kegiatan Awal, yang meliputi; apersepsi, tes awal dan memotivasi siswa untuk siap belajar.

2. Kegiatan Inti, yang meliputi; menyampaikan materi pembelejaran, membimbing siswa dalam belajar, maupun mempasilitasi siswa dalam memcahkan setiap permasalahan yang ada.

3. Kegiatan Akhir, yang meliputi; menarik kesimpulan yang dilakukan oleh siswa dengan bimbingan guru, memberikan tugas lanjut dan lain-lain.

2. Praktek Persekolahan

Praktik Pesekolahan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa diluar jadwal jam mengajar yang telah ditentukan serta dilakukan secara fleksibel. Parktik persekolahan yang dilakukan mahasiswa sangan beragam yang meliputi; membantu administrasi kepala sekolah, administrasi Guru, pengelolaan perpustakaan, pengelolaan UKS, serta berbagai kegiatan yang dilakukan seorang guru. Praktik persekolahan bertujuan mengembangkan kemampuan setiap mahasiswa dalam berbagai kegiatan yang dilakukan guru maupun sekolah secara umum dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah tersebut.

Secara umum praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa :

a. Mengenal kegiatan-kegiatan persekolahan selain proses belajar menagajar yang ada di sekolah dasar.

b. Mempunyai kemampuan dan keterampilan melakukan berbagai kegiatan persekolahan.

Materi dan kegiatan yang menjadi bahan dalam praktik persekolahan :

a. Administrasi Sekolah kegiatannya meliputi; membantu tugas kepala sekoalah dalam hal administrasi sekolah.

b. Administrasi kelas yaitu membatu tugas-tugas guru yang kelas merupakan tugas dan tanggung jawab seorang guru.

c. Kegiatan diluar jam mengajar lainnya :

1. Pengelolaan perpustakaan

2. Pengelolaan UKS

3. Pengelolaan Koperasi

4. Partisipasi dalam upacara bendera setiap hari senin

5. Partisivasi dalam kegiatan keagamaan, perayaan 17 agustus 2009 di SD N Puro Pakualaman II.

6. Dan lain sebagainya.

C. Analisis Hasil Pelaksanaan

a. Pengalaman Belajar

Dalam pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan mahasiswa, banyak sekali pengalaman yang kami dapatkan selama kegiatan PPL berlangsung, mulai dari pengalaman mengajar, menangani masalah yang muncul pada saat proses pembelajaran, serta praktik perskolahan yang semuanya memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi setiap mahasiswa calon guru sekolah dasar. Adapun berbagai pengalaman yang kami dapatkan adalah sebagai berikut :

1. Pelaksanaan tahap penegnalan lapangan memberikan banyak pengetahuan dan pemahaman kepada setiap mahasiswa serta memberikan wawasan terhadap berbagai karakteristik komponen pendidikan, iklim, nilai, dan norma yang terdapat di sekolah Dasar.

2. Pelaksanaan praktik mengajar terbimbing telah banyak memberikan pengalaman bagi mahasiswa dalam kaitannya dengan tugas Guru sebagai pengajar. Pengalaman tersebut meliputi pengkajian GBPP dalam Kurikulum, pengembangan materi mengajar, penyusunan rencana persiapan mengajar, pelaksanaan kegiatan mengajar di kelas, serta pengalaman dalam memberikan bimbingan bagi siswa yang memerlukan bimbingan dan melakukan berbagai macam evaluasi.

3. Pelaksanaan latihan mengajar mandiri memberikan pengalaman tentang bagaimana melaksanakan tugas sebagai seorang guru di Sekolah Dasar khususnya guru kelas dalam mengajar dan mendidik siswa secara optimal dari awal hingga akhir pembelajaran. Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk seolah-olah menjadi guru yang sebenarnya.

4. Dengan adanya praktik persekolahan mahasiswa dapat mengenal, memiliki kemampuan dan keterampilan dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang ada di Sekolah selain tugas guru sebagai guru.

b. Hanbatan yang dialami

Selain mahasiswa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan selama Praktik pengalaman Lapangan ( PPL), penulis juga banyak menghadapi permasalahan anatara lain :

1. Dalam proses pembelajaran dikelas yaitu mengalami kesulitan dalam pengkondisian kelas, sehingga anak sulit diatur.

2. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mandiri penulis mengalami hambatan dalam hal pengkajian GBPP.

3. Dalam pelaksanaan praktik persekolahan, mahasiswa juga menghadapi masalah dalam mengerjakan sesuatu yang telah diperintahkan oleh guru, hal ini disebabkan minimnya pengalaman dari mahasiswa.

4. Kesulitan dalam hal pendanaan dan pengadaan media

c. Cara Mengatasi Permasalahan

Dalam usaha mengatasi hambatan yang terjadi selama kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah antara lain:

1. Menggunakan metode mengajar yang memusatkan siswa sebagai pembelajar, sehingga siswa dapat sepenuhnya belajar.

2. Dalam hal pengakajian GBPP penulis memcahakan masalah dengan cara bertanya kepada teman-teman yang dianggap lebih memahami.

3. Dalam hal pendanaan yaitu mahasiswa mengumupulkan iuran perbulan

4. Dalam hal media yaitu mengguanakan media lingkungan dan kreativitas dari mahasiswa sendiri.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Berdasarkan praktik mengajar yang telah dilakukan praktikkan dan juga data-data yang diperoleh dari Sekolah Dasar Negeri Puro Pakualaman II Yogyakarta. Maka dapat disimpulkan hal-hal yang didapat oleh mahasiswa setelah melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) antara lain :

1. Praktik Pengalaman Lapangan, khususnya praktik mengajar banyak memberikan pengalaman yang sangat berharga dan bermanfaat bagi mahasiswa sebagai calon guru dimasa yang akan datang.

2. Penguasaan materi bagi seorang guru belum cukup untuk menentukan berhasil tidaknya dalam mengajar, tampa didukung dengan cara atau metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan karakteristik peserta didik.

3. Mahasiswa yang melakukan Praktik Pengalaman Lapangan dituntut memiliki kompetensi yaitu : Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Profesional, Kompetensi Sosial.

4. Semakin banyk praktikkan melakukan praktik yang berhadapan langsung dengan kegiatan dan tugas guru yang ada di sekolah, maka semakin banyak pengalaman yang didapat.

B. Saran

1. Pihak Universitas Negeri Yogyakarta

a. Pihak Universitas Negeri Yogyakarta dapat memberikan bekal yang cukup bagi mahasiswa calon Guru sebelum mahasiswa melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan. Disisi lain bimbingan dari pihak Universitas hendaknya dilakukan secara langsung sehingga dapat melakukan pengawasan secara langsung di Lapangan, sehingga mahasiswa mendapatkan masukan ( kritik dan saran) tidak hanya dari guru pembimbing saja tetapi juga dosen pembimbing.

b. Keberhasilan pelaksanaan PPL merupakan tanggung jawab bersama antara mahasiswa Praktikkan, Sekolah tempat PPL, maupun pihak Universitas dan pendukung lainnya. Oleh karena itu dalam upaya meningkatkan kualitas PPL ini, kiranya perlu adanya kerjasama yang baik dan harmonis antara semua komponen yang terlibat didalamnya.

2. Pihak Sekolah

a. Dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas PPL, kiranya perlu adanya suatu rancangan/program untuk mengoptimalkan fungsi dan peran mahasiswa bagi pengembangan dan peningkatan pendidikan di sekolah yang bersangkutan, tampa mengesampingkan tujuan utama dari PPL tersebut.

b. Fasilitas yang ada disekolah misalnya; Perpustakaan, Ruang UKS, Laboratorium IPA, dan Media pembelajaran yang sudah ada hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh siswa dan guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di sekolah.

3. Mahasiswa

a. Perlu peningkatan penguasaan meteri dan keterampilan yang diperlukan dalam mengajar, sehingga dalam praktik mengajar dapat berjalan dengan baik.

b. Perlu latihan yang banyak dan terus-menerus mengasah keterampilan.

c. Menjaga nama almamater dan memiliki kepribadian yang baik dan luhur.

d. Bersikap disiplin dalam mengikuti semua rangakaian kegiatan PPL sampai selesai.

DAFTAR PUSTAKA

Buku panduan KKN-PP,2009. Universitas Negeri Yogyakarta

Proposal KKN-PPL,2009. kelompok 8 di SD N Puro Pakualaman II Yogyakarta

LAMPIARAN

1. LEMBAR OBSERVASI AWAL( KONDISI SEKOLAH)

2. LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN DI KELAS

3. Surat keputusan Kepala sekolah tentang pembagian tugas guru

4. Daftar guru dan karyawan

5. Format pembagian tugas guru

6. Rekapitulasi jumlah guru dan siswa

7. Struktur organisasi

8. Denah

9. Jadwal pelajaran ( terbimbing dan mandiri)

10. Catatan harian PPL

11. Laporan mingguan

12. rpp

Diposkan oleh Kusnadi....... berjuang di 02:05 0 komentar
Beranda
Langgan: Entri (Atom)
Mengenai Saya
Foto Saya

Kusnadi....... berjuang
orangnya simple gak ribet.. tpi saya suka komitmen

Lihat profil lengkapku
Pengikut
Arsip Blog

* ▼ 2009 (2)
o ▼ Agustus (2)
+ sistematika Penulisan Laporan
+ laparon PPL

  1. Avenged Sevenfold
    Nightmare!
    (Now your nightmare comes to life)
    Dragged ya down below,
    Down to the Devil’s show,
    To be his guest forever,
    (Peace of mind is less than never)!
    Hate to twist your mind,
    But God ain’t on your side,
    An old acquaintance severed,
    (Burn the world your last endeavor!)
    Flesh is burning, you can smell it in the air,
    ’cause men like you have such an easy soul to steal.(steal)
    So stand in line while they ink numbers in your head,
    You’re now a slave until the end of time here,
    And nothing stops the madness turning,
    Haunting, yearning, pull the trigger!
    You should have known, the price of evil,
    And it hurts to know that you belong here, yeah
    Ooooh it’s your fuckin’ nightmare!
    (While your nightmare comes to life)
    Can’t wake up and sweat,
    ’cause it ain’t over yet,
    Still dancing with your demons,
    (Victim of your own creation!)
    Beyond the will to fight,
    Where all that’s wrong is right,
    Where hate don’t need a reason,
    (Loathing self-assassination!)
    You’ve been lied to just to rape you of your site, and now they have the nerve to tell you how to feel.(feel)
    So sedated as they medicate your brain and while you slowly go insane the tell ya:
    “Given with the best intentions, Help you with your complications!”
    You should have known the price of evil,
    And it hurts to know that you belong here, yeah.
    No one to call,
    Everybody to fear,
    Your tragic fate is looking so clear, yeah.
    Ooooh, it’s your fuckin’ nightmare, ha-ha-ha-ha!
    [Solo]
    Fight (fight),
    Not to fail (fail),
    Not to fall (fall),
    Or you’ll end up like the others.
    Die (die),
    Die again (die),
    Drenched in sin (sin),
    With no respect for another.
    [Solo]
    Down (down),
    Feel the fire (fire),
    Feel the hate (hate),
    Your pain is what we desire.
    Lost (lost),
    Hit the wall (wall),
    Watch you crawl (crawl),
    Such a replaceable liar.
    And I know you hear their voices (calling from above),
    And I know they may seem real (these signals of love),
    But our life’s made up of choices (some without appeal),
    They took for granted your soul,
    and it’s ours now to steal
    (As your nightmare comes to life!)
    You should have known the price of evil,
    And it hurts to know that you belong here, yeah.
    No one to call,
    Everybody to fear,
    Your tragic fate is looking so clear, yeah…
    Ooooh, it’s your fuckin’ nightmare!

Kamis, 03 Maret 2011

laporan kegiatan magang

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Kegiatan Magang
1. Menambah pengalaman dalam dunia kerja
2. Menambah pengetahuan tentang sistem dan tata cara kerja perusahaan.
3. Menyalurkan ketrampilan yang ada pada diri kita khususnya di dunia kerja.

B. Tujuan Kegiatan Magang
1. Mendapatkan informasi serta memahami taat cara bekerja dan menerapkan dikemudian hari.
2. Penambahan nilai pribadi sesuai dengan bidangnya.

C. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang saya lakukan adalah observasi langsung dengan cara magang/ training selama 3 bulan.

BAB II
AGENDA KEGIATAN MAGANG
DI PT MEGA

A. Tujuan
1. Profil Perusahaan
PT. Mega adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri ban mobil, yang berlokasi di Jl. Soekarno Hatta
Perkembangan usaha yang sangat cepat sehingga fasilitas yang dimiliki semakin baik dan modern. Pemasaranyapun sudah bertaraf internasional dan satu-satunya industri ban di Salatiga.
2. Asuransi
Seluruh karyawan PT. Mega sudah mendapatkan Jamsostek sesuai dengan aturan perjanjian kerja dan apabila ada klaim dari karyawan, seperti kecelakaan kerja, kematian, ataupun pensiun maka diselesaikan dengan PT. Mega
3. Koperasi
Dalam perusahaan PT. Mega  telah didirikan sebuah koperasi karyawan dengan nama koperasi MANDARI. Koperasi ini bergerak dibidang simpan pinjam dan dapat berupa uang maupun barang. Keberadaan koperasi ini sangat dirasakan manfaatnya oleh karyawan yang notabene sebagai anggota dengan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) setiap satu tahun sekali.

B. Agenda
1. Data Peserta
Nama siswa :
Nomor Induk Regristrasi :
Program : 1 tahun (setara D1)
Jurusan : Managemen Perusahaan
Waktu Pelaksanaan Magang :
Nama Pembimbing Magang :

2. Agenda Kegiatan
- Merapikan meja
- Mengelompokkan surat (ijin, tugas, tukar shift, memo).
- Mengeprint
- Foto Copy
- Mendata karyawan lembur

- Foto Copy
- Mendata karyawan lembur dikelompokan menurut minggu ke-, bulan dan tahun sesuai posisinya

- Foto Copy
- Mendata pelamar kerja kedalam buku agenda
- Mendaftar karyawan lembur
- Memotong kertas (Tugas, ijin, daftar karyawan tidak masuk, tukar shift, memo).

- Foto Copy
- Memotong kertas
- Mengetik surat P2K3 MS. Word
- Menerima telepon

- Mengetik surat P2K3 lanjutan MS. Word
- Memotong kertas
- Foto copy
- Mengetik standariasi statistik, kontrol proses, Ms. Exel.

- Koreksi karyawan lembur
- Mengetik standriasasi statistik kontrol Proses

- Koreksi yang lembur
- Data kartu Absensi karyawan

- Data kartu absensi karyawan
- Foto copy
- Mengisi blanko standarisasi statistik kontrol proses

- Koreksi karyawan lembur
- Foto copy
- Mengisi blanko standariasasi statistik kontrol proses

- Foto copy
- Mengetik daftar menu
- Mengeprint

- Foto copy
- Mengetik standarisasi statistik kontrol proses
- Foto Copy
- Mengetik
- Mengisi blanko standarisasi statistik kontrol proses
- Koreksi karyawan lembur

- Foto copy + membendel
- Mengetik + mengeprint
- Mengetik standarisasi statistik kontrol proses

- Daftar karyawan lembur
- Foto copy akte izin
- Mengetik manual

- Mengetik standarisasi statistik kontrol proses
- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur

- Koreksi psikotes 2 karyawan Mega Semarang
- Foto copy
- Membuat buku agenda service dan pengeluaran solar

- Tes di Disnaker di LPPK BINATAMA

- Foto copy
- Mengetik daftar menu + mengeprint
- Mengisi data komputer keryawan libur
- Koreksi karyawan lembur

- Mengetik data karyawan libur
- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur
- Mengantar surat ke Poliklinik

- Libur ( keterlambatan bahan produksi )

- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur
- Mengetik data standarisasi statistik kontrol proses

- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur

- Mengisi dispensasi ( perkawinan, kematian, kelahiran )
- Mengetik data standarisasi statistik kontrol proses

- Mengetik standasrisasi statistik kontrol proses

- Koreksi transport bulan Maret 2006
- Mengetik standarisasi statistik kontrol proses
- Koreksi Karyawan lembur
- Memberikan daftar absensi peserta training
- Foto copy

- Foto copy
- Mengisi kartu absensi karyawan

- Mengisi kartu absensi karyawan
- Foto copy
- Koreksi karyawan lembur
- Menjamu tamu peserta tes di Semarang
- Koreksi psikotes karyawan

- Mengisi kartu absensi karyawan
- Mengantar barang ke poliklinik
- Menata barang ke almari
- Foto copy

- Foto copy
- Membari garis libur pada tiap shift

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Dengan adanya pemagangan penulis telah melakukan observasi langsung dan dapat mengambil kesimpulan berupa :
1. PT. Mega merupakan perusahaan ban yang telah diakui keberadaannya di kota ...
2. Pemasaran hasil produksi sudah mencapai berbagai kota di Indonesia
3. Semangat dan kreatifitas para pejabat maupun karyawan sangat besar demi mendapatkan hasil yang maksimal

B. Saran
PT. Mega harus dapat meningkatkan kegiatan operasional industrinya agar dapat berkembang lebih luas lagi di dalam maupun luar negei dengan cara :
1. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produk industri
2. Meningkatkan kesejahteraan seluruh karyawan yang terlibat langsung dalam proses produksi tersebut
3. Meningkatkan kerja sama dan keterbukaan antar maup


Lebih lanjut tentang: Contoh Laporan Kegiatan Magang

pidato

Ketika manusia dilahirkan oleh ibunya, ia tidak terlumuri oleh dosa. Akan tetapi, ia lahir di atas fitrah, sebagaimana sabda Nabi saw., "Kullu mawlûd[in] yûladu ‘alâ al-fithrah (setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fitrah). Hal itu mengisyaratkan bahwa setiap orang yang shaum selama bulan Ramadhan akan kembali pada fitrahnya.

Secara bahasa, fitrah berasal dari kata fathara– yafthuru–fathr[an] wa futhr[an] wa fithrat[an] yang berarti: pecah, belah, berbuka, mencipta. Jika dikatakan, Fathar Allâh, artinya Allah menciptakan. Ar-Razi dalam Mukhtâr as-Shihâh, I/212, menuturkan riwayat dari Ibn Abbas ra. yang berkata, “Aku tidak tahu apa arti, Fâthir as-samawât (Pencipta langit) hingga datang kepadaku dua orang Arab Baduwi yang sedang berselisih mengenai sumur. Salah seorang berkata, 'Fathartuhâ," yakni Ibtadâ’tuhâ (Aku yang memulai [membuat]-nya. Jadi, menurut orang-orang Arab asli, fathara artinya memulai, mencipta, atau mengkreasi; dan fithrah artinya ciptaan. Allah Swt. berfirman:

Hadapkanlah wajahmu dengan lurus pada agama (Allah); (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (QS ar-Rum [30]: 30).

Ayat di atas seakan menyatakan, "Hadapkanlah wajahmu pada agama Allah dengan lurus. Tetaplah kamu di atas fitrahmu, yaitu tetaplah dalam karakteristik penciptaanmu dan potensi kemanusiaan dalam dirimu yang menjadikan kamu siap menerima kebenaran. Islam adalah agama yang benar. Niscaya kamu akan siap menerima Islam dengan sukarela, tanpa paksaan, wajar dan tiada beban."

Puasa Ramadhan dan serangkaian aktivitas Ramadhan sebenarnya telah mengkondisikan dan melatih kita menyadari dan memahami fitrah kita. Kita sudah dikondisikan dan dilatih untuk menetapi fitrah. Ramadhan itu telah menjadi riyâdhah badaniyah sekaligus riyâdhah bâtiniyah yang mengharuskan seorang Muslim lebih merasakan dan memahami fitrahnya. Fitrah itu akan berkembang, menjadikan dirinya selalu siap menerima kebenaran. Puasa akan menjadikan ia lebih merasakan dan memahami dirinya sebagai makhluk yang diliputi keserbalemahan dan keterbatasan. Dengan begitu ia akan lebih merasa membutuhkan Penciptanya, membutuhkan petunjuk dari-Nya.
Fitrah mengharuskan manusia hanya menerima agama, ideologi, dan sistem hidup yang memang sesuai dengannya. Fitrah manusia mengharuskan untuk menolak dan membuang agama, ideologi, dan sistem hidup yang mengesampingkan fitrah atau bertentangan dengan fitrah. Manusia akan terdorong oleh fitrahnya untuk mencari agama dan ideologi yang sesuai dengan fitrah. Faktanya, di dunia ini hanya Islamlah agama dan ideologi yang sesuai dengan fitrah manusia. Agama dan ideologi selain Islam hanya membahas aspek spiritual dan hubungan manusia dengan Tuhan dalam bentuk ritual penyembahan. Fitrah manusia tidak bisa menerima sekadar hal ini. Sebab, jika begitu, agama-agama itu hanya memperhatikan satu aspek fitrah saja dan mengabaikan fitrah manusia lainnya. Padahal aspek fitrah lainnya itu pemenuhannya juga menuntut adanya aturan.
Agama-agama selain Islam yang notabene hanya mengatur aspek spiritual dan ritual penyembahan itu realitanya tidak sesuai dengan fitrah manusia. Dengan demikian, fitrah tidak bisa menerima agama yang bersifat demikian.
Di sisi lain, ideologi selain Islam, yaitu Sosialisme dan Kapitalisme, juga tidak bisa diterima oleh fitrah. Sosialisme menafikan adanya sang Pencipta. Ini sangat bertentangan dengan fitrah manusia. Begitu pula Kapitalisme, meski mengakui adanya Tuhan, pengakuannya bersifat semu; Kapitalisme menafikan peran Tuhan dalam masalah dunia. Ini jelas bertentangan dengan fitrah manusia dalam keberadaannya yang serba lemah dan memerlukan aturan dari Tuhan untuk semua aspek fitrahnya.

Kesimpulan
Penyimpangan manusia dari fitrahnya sebagai makhluk yang membutuhkan aturan-aturan dari sang Pencipta (syariah) terbukti membawa banyak akibat buruk. Karena itu, manusia harus segera kembali ke fitrahnya; kembali mengembangkan potensi manusia untuk selalu siap setiap saat menerima kebenaran. Kebenaran itu tidak lain adalah Islam.
Walhasil, kembali pada fitrah adalah kembali pada akidah dan syariah Islam. Dengan itu manusia akan selamat dari segala macam bentuk kerusakan dan akan menikmati kehidupan yang dipenuhi kebaikan, kesejahteraan dan berkah dari Allah, Tuhan semesta alam. Wallâhu a’lam bi ash-shawâb.

Lebih lanjut tentang: Ramadhan DAN KEMBALI KE FITRAH

proposal pendirian warnet


PROPOSAL
PENDIRIAN USAHA





WARNET
 (Dan beberapa usaha dibidang Teknologi Informasi )

A. NAMA  USAHA
Usaha yang akan dikembangkan diberi nama “TQN-Com” yang bergerak dalam bidang usaha Teknologi dan Informasi dengan mengedepankan Jasa Warung Internet sebagai salah satu usaha andalan dalam 2 tahun pertama.

B. RENCANA LOKASI USAHA
Rencana lokasi operasional usaha akan ditempatkan didaerah yang memenuhi syarat sebagai berikut :
·        Lokasi dekat dengan kawasan pendidikan baik itu perguruan tinggi, Sekolah Menengah Umum dan Sekolah Menengah Pertama.
·        Lokasi berada di pusat keramaian, misalnya di pasar dan perkantoran.
·        Lokasi berada ditengah kawasan penduduk.

Lokasi yang kami prioritaskan adalah di Jalan Pembangunan (samping Kantor DPRD) Garut, dengan pertimbangan :
·        Lokasi dekat dengan beberapa perguruan tinggi.
·        Lokasi berada komplek perkantoran yang ramai.
·        Lokasi berada pada perumahan penduduk.

C. TARGET PELANGGAN
Target pelanggan warnet ini adalah : pelajar dan mahasiwa disekitarnya. Mereka adalah menggunakan internet untuk hiburan semata yang frekwensinya cukup tinggi. Umumnya mereka hanya membuka program chatting dan situs www.facebook.com


D. JENIS USAHA
Jenis  usaha yang direncanakan sesuai dengan keahlian yang saya miliki adalah :
1.      Warnet (konsentrasi pada bulan pertama)
2.      Service komputer (pada bulan ke-4)
3.      Penjualan Voucer Pulsa (pada bulan ke-5)
4.      Digital Printing (pada bulan ke-6)
5.      Dan lain sebagainya, disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan anggaran yang tersedia.
Target saya adalah setiap bulan menambah cabang usaha baru, walau tidak menutup kemungkinan pada bulan yang sama didirikan beberapa cabang usaha sekaligus.

E. PERANGKAT KERAS DAN LUNAK
Perangkat keras yang akan digunakan dalam komputer ini adalah :
·        Komputer Pentium 4 second sebanyak 8 unit beserta perangkat jaringan.
·        Koneksi internet menggunakan Speedy
·        Sistem operasi yang akan digunakan adalah Windows XP.









F.   MODAL & KEUNTUNGAN
Modal yang saya butuhkan untuk mendirikan warnet adalah  Rp. 20.000.000 dengan rincian kebutuhan sebagai berikut :
Keterangan
Harga/Unit (Rp.)
Qty
Jumlah Total (Rp.)
Komputer
1.100.000
8
8.800.000
Meja & karpet



Meja Lesehan
110.000
7
770.000
Meja Kantor
230.000
1
230.000
Karpet Puzel
33.000
6
198.000
Pasilitas Pendukung



Speaker Simbada
230.000
1
230.000
Printer EPSON T11+Inpus
770.000
1
770.000
Perlengkapan Jaringan
290.000

290.000
Perlengkapan Listrik
150.000

150.000
Spanduk
90.000

90.000
Biaya Akomodasi
200.000

200.000
Sewa Tempat 1 Tahun
5.000.000

5.000.000
Jumlah


16.728.000





1. Dana Cadangan Bayar Piutang
1.234.000
2
2.468.000
2. Dana Tidak Terduga
804.000

804.000
Jumlah


3.272.000

Jumlah Total


20.000.000
Keuntungan laba minimal yang saya perkiraan Rp. 3.105.000 per bulannya. Dengan asumsi sebagai berikut :
Penggunaan warnet perhari, perkomputer sejumlah masing-masing 5 jam. Maka pemasukan dari warnet itu sendiri dapat dihitung :
7 komputer x 5 jam x Rp. 3.000 per jam = Rp. 105.000
Maka dalam 1 bulan dengan asumsi sebanyak 30 hari, maka :
Rp. 105.000 x 30 hari = Rp. 3.150.000
Taksasi biaya pengeluaran:
Biaya Speedy
Biaya Listrik
Biaya Makan
Biaya Sewa Tempat
Total semua
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
Rp.
710.000
300.000
450.000
417.000
1.877.000
Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa laba bersih yang didapat adalah:
Laba bersih     = Pemasukan – Pengeluaran
                                    = Rp. 3.150.000 – Rp. 1.877.000 = 1.273.000

G.PEMBAYARAN PIUTANG
Ilustrasi Pelunasan Piutang :
Dengan pinjaman Rp. 20.000.000 ditambah bunga sebesar 2% setiap bulannya untuk jangka waktu pelunasan 24 bulan, maka diketahui jumlah yang harus dibayar sebesar Rp. 1.234.000 setiap bulannya.
Itu sudah saya anggarkan kedalam dana perhitungan piutang aman yang diambil dari keuntungan laba minimal setiap bulannya.


H.            PELELANGAN USAHA MACET
Ada dua kemungkinan yang saya ketahui dari setiap usaha yang berjalan yaitu berkembang dan macet. Karena itu saya berani berspekuliasi bila suatu waktu usaha dalam keadaan macet yaitu dengan :
1.      Melelang usaha dengan semua manajemen dan cashflow; atau
2.      Melelang semua perangkat komputer dan Warnet; atau
3.      Menjual satu persatu ke pasaran komputer
Saya merasa yakin dengan spesifikasi komputer dan perangkat warnet yang ada dalam keadaan baik dan terurus selama saya mengendalikannnya, dan itu akan menjadi nilai jual yang lumayan. Juga Spesifikasi komputer dan perangkat warnet yang ada saya beli dengan harga dasar dan saya rakit sendiri, artinya barang bila dijual kembali tidak akan turun harga dan malah sebaliknya harganya naik.

I.     PENUTUP
Demikian proposal yang saya buat, semoga menjadikan kenyataan untuk saya memiliki usaha sendiri dan semoga juga langkah ini dapat turut andil dalam mencerdaskan bangsa Indonesia. Terima kasih










Lampiran
BIODATA PENGELOLA
     Nama                                  : Rachmat Rahayu
Tempat,tanggal lahir             : Garut, 3 Maret 1980
     Agama                                 : Islam
     Jenis Kelamin                       : Laki-laki
     Status                                  : Menikah
Alamat                                : Jl. Bratayudha Sukadana Baru No. 1731 RT. 03 RW. 19 Kel. Kota Kulon Kec. Garut Kota Kab. Garut
Telepon                               : 085221514555         
Email                                   : rachmat_rahayu@yahoo.com

























Keterangan
Harga/Unit (Rp.)
Qty
Jumlah Total (Rp.)
Creemping tool 3 hole
55.000
1
55.000
LAN Tester standard
35.000
1
35.000
TP Link Switch Hub 16 Port
300.000
1
300.000
Card Reader
40.000
1
40.000
Jumlah


430.000


Entri Populer